Minggu, 21 November 2010

Tenaga kerja Indonesia sebagai pahlawan masa kini

Tenaga kerja Indonesia atau biasa disebut TKI tiap tahun di gemparkan oleh pemberitaan kekerasan, perlakuan tidak senonoh bahkan berujung kematian.
TKI merupakan pahlawan masa kini, karna TKI merupakan sumber penghasil devisa negara terbesar setelah minyak bumi.
apalagi, saat - saat ini di beritakan seorang TKI yang bekerja di Arab saudi mengalami kekerasan yang tidak lain dilakukan oleh majikannya sendiri. beberapa saat kemudian di kabarkan seorang TKI tewas oleh majikannya sendiri di negara yang sama.

Pemerintah  seharusnya lebih memperhatikan para TKI yang akan di berangkatkan, yaitu mengenai perusahaan yang mengirimnya, ilmu bagi TKI nya serta identitas calon majikan para TKI tersebut. Bahkan setelah semua dipastikan sesuai, seharusnya komunikasi antar pemerintah melalui agen atau perusahaan yang mengirim para TKI tersebut dilakukan secara rutin, karna mungkin apabila terjadi permasalahan - permasalahan kecil dapat di selesaikan dengan pihak agen dengan majikan, jadi kegiatan kekerasan pun sedikit terkurangi.
Perusahaan pun harus memberikan ilmu bagaimana menangani majikan yang bersifat keras, mudah marah maupun TKI harus d ajarkan ilmu membela diri jika majikan akan berbuat asusila.
Karna TKI pun memilih menjadi pahlawan ini dengan hati dan niatnya, seharusnya pemerintah lebih memberikan fasilitas daripada banyak pejabat negara tidak memberi sesuatu yang berarti bagi bangsa ini tapi di penuhi dengan fasilitas yang berlebihan.

Banyak publik yang menanggapi negatif tentang kekerasan yang sering kali terjadi pada TKI, tapi pemerintah serta PJKI tidak menambah fasilitas dan  keperluan pahlawan ini, terutama keluarga serta sanak saudara TKI yang menjadi korban kekerasan dan majikan yang hanya di hukun beberapa tahun penjara, bagi keluarga korban serta publik pun ini sangat tidak adil, karna menyangkut psikis seseorang bahkan sampai nyawa pun menjadi tarohannya.
diantara bencana - bencana yang telah terjadi di bangsa ini, seharusnya tidak hanya pemerintah yang bekerja, kita semua juga bisa, dimulai dengan hal hal kecil, akan membuat pahlawan devisa kita menjadi lebih tegar serta tidak akan terjadi lagi kekerasan bagi TKI. Karna dengannya pula kita masih bisa hidup di negara ini. Terima kasih pahlawanku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar